Cara Menulis Paragraf

Cara Menulis Paragraf

Menulis Paragraf, menulis merupakan menyampaikan gagasan dengan cara tertulis. Dengan  menulis kita bisa menuangkan gagasan-gagasan yang kita pikirkan. Pada waktu kita mempunyai gagasan bisa langsung dituangkan dengan tulisan. Sedangkan  paragraf merupakan  sekelompok gagasan  untuk membentuk suatu kalimat yang saling berkaitan. Jadi menulis paragraf adalah sekelompok gagasan yang dituangkan dalam bentuk tulisan yang diuraikan dalam kalimat-kalimat. dalam menulis paragraf harus memenuhi beberapa syarat yaitu: paragraf merupakan kesatuan pikiran yang luas dari kalimat, paragraf mempunya kepaduan antar kalimat, paragraf mempunyai kekompakan yang diwujudkan oleh adanya bentuk-bentuk kalimat.  


 

Rangkaian suatu paragraf dapat menciptakan kesatuan sebuah tema yang memaparkan sebuah isi, dan materi. Susunan sebuah kalimat dalam paragraf saling padu. Perencanaan dalam menyusun paragraf yang padu sangat diperlukan dalam sebuah tulisan. dalam menulis paragraf sangatlah penting sekali supaya tema dan isi saling keterkaitan satu dengan yang lainya. 

Ada beberapa jenis paragraf yaitu: paragraf deduktif merupakan paragraf  yang memiliki kalimat utama diawal paragraf, paragraf induktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya diakhir kalimat, paragraf deduktif-induktif merupakan paragraf kalimat utama terletak diawal dan akhir paragraf, paragraf penuh kalimat topik merupakan kalimat utama diseluruh paragraf. selain itu ada jenis paragraf berdasarkan fungsinya yaitu paragraf pembuka merupakan paragraf yang sebuah karya tulis, 

Tujuan dari menulis paragraf adalah membedakan sebuah tulisan dalam ide pokok, dan membedakan pembaca dalam memahami pokok sebuah pikiran dalam karya tulis. selain itu fungsi dari menulis sebuah paragraf adalah menuangkan gagasan tertulis dalam sebuah kalimat, menandai setiap pergantian gagasan baru dalm sebuah pargraf, memudahkan penulis dalam mengatur sebuah gagasan, memudahkan pembaca dalam memahami sebuah tulisan.