MENULIS CERITA FABEL

MENULIS CERITA FABEL

Menulis  cerita fabel, menulis merupakan suatu kegiatan mengungkapkan gagasan dalam bentuk tulis. Dengan menulis seseorang dapat menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan, sedangkan menulis cerita fabel adalah menulis cerita tentang kehidupan binatang yang berperilaku menyerupai manusia. Tokoh hewanya bertingkah laku seperti manusia. Tokoh hewanya dapat berbicara, pakai baju, bekerja, dan memasak. Cerita fabel biasanya mengandung cerita moral, ceita fabel bentuknya fiksi bukan nyata.


 

Menulis cerita fabel harus memperhatikan struktur-struktur dalam menulis cerita fabel, yaitu: orientasi, komlikasi, resolusi, dan koda.itulah struktur-struktur dalam menulis cerita fabel yang harus diperhatikan.Supaya mudah dalam menulis cerita fabel karena sudah mengetahui struktur-strukturnya. Langkah selanjutnya menentukan ide, kumpulkan bahan, terus susun kerangka cerita, terus dikembangkan kerangka ceritanya.

Kerangka menulis cerita fabel yaitu:

1.       Judul

2.       Orientasi

3.       Klimaks

4.       Resolusi

5.       Koda

Itulah yang harus dibuat sebelum menulis cerita fabel. Cerita fabel banyak digemari anak-anak karena didalam cerita fabel tokohnya binatang. Anak sangat senang dengan tokoh dan gambar-gambar binatang. Melihat gambar binatang maka anak akan senang menulis cerita melihat gambar binatang. Itulah yang membuat anak senang karena ada tokoh binatangnya.

Manfaat dari menulis cerita fabel adalah membantu anak untuk  mendapatkan banyak pengetahuan, orang tua akan mudah menasehati anak dengan cara menyenangkan yaitu dengan cara melihatkan karakter binatang dalam fabel. sehingga anak akan merasa senang dalam melihat dan menulis cerita fabel. dan anak akan banyak mendapatkan banyak pengetahuan.

Adanya cerita fabel anak yang biasanya malas dalam menulis karena melihat gambar-gambar tokoh binatang maka anak akan senang menulis. Untuk menumbuhkan minat anak dalam menulis salah satunya mencarikan gambar binatang-binatang yang disukai anak supaya anak semangat dalam menulis cerita fabel.

Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis cerita fabel adalah dalam menyusun cerita fabel harus runtut, cari tema yang tepat supaya terlihat menarik, dan susun sesuai dengan struktur menulis cerita fabel. Dan biasanya cerita fabel memiliki  pesan moral yang baik, dengan menggunakan tokoh binatang penulis ingin pembaca mengikuti hal-hal yang baik dalam cerita.Demikian penjelasan tentang menulis fabel semoga bermanfaat, semoga bermanfaat bagi teman-teman, silahkan komentar dikolom komen, terima kasih.