PENGERTIAN MEMBACA SURVEY

PENGERTIAN MEMBACA SURVEY

Membaca survey adalah untuk mengetahui gambaran secara umum dari bahan bacaan yang mau kita baca. Jadi dengan membaca survey kita dapat melihat judul bacaan, pengarang, daftar isi dan lain-lain. Fungsi dari membaca survey untuk mengetahui hal-hal umum mengenai suatu teks bacaan. Biasanya membaca survey digunakan untuk bahan referensi.


 

Membaca survey biasanya dilakukan untuk mensurvey bacaan yang mau kita baca untuk mengetahui gambaran-gambaran secara umum buku yang mau kita baca. dengan membaca survey kita bisa mengetahui gambaran umum dari buku yang kita baca, tidak harus membaca secara rinci buku yang mau kita baca. membaca survey sangat membatu kita dalam membaca.

Dengan adanya membaca survey kita tidak perlu membaca buku secara rinci kita cukup membaca point-point saja sehingga kita mendapatkan gambaran umum dari buku yang kita baca. hal seperti itu yang sangat membantu kita dalam membaca. biasanya hal yang sangat malas dilakukan yaitu membaca secara rinci yaitu membaca dari awal hingga akhir.

Biasanya yang disenangi pembaca yaitu membaca sekilas tetapi bisa mendapatkan semua isi - isi penting dari  yang kita baca. dengan adanya membaca survey kita bisa mendapatkan gambaran secara umum dari  yang kita baca. walaupun kita belum membaca secara rinci. biasanya membaca survey teks bacaan ringkas  karena pembaca hanya mencari kesenangan saja. Langkah-langkah membaca survey yaitu:

  1. Survey (Penelaahan Pendahuluan) Survey dilakukan  untuk membaca singkat seluruh struktur buku.
  2. Question (Bertanya) dilakukaan setelah selesai survey. Tujuan dari pertanyaan adalah untuk mengetahui secara detail dari bacaan.
  3. Read ( Baca) dilakukan untuk menjawab pertanyaan yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Recite (Mengutarakan Kembali) dilakukan untuk menulis kembali denagn kalimat sendiri setiap informasi yang didapat.
  5. Review (Mengulang Kembali) dilakukan untuk selesai membaca buku secara keseluruhan jadi dibaca kembali bagian-bagian yang penting pada teks bacaan. dilakukan untuk memperjelas pemahaman teks bacaa.


Itulah membaca survey semoga bermanfat terima kasih, silahkan tinggalkan komen dikolom komentar.