CARA MEMBACA CEPAT

CARA MEMBACA CEPAT

Membaca Cepat merupakan membaca dengan cepat untuk mengetahui garis-garis besar suatu bacaan. dengan membaca cepat kita akan cepat mengetahui ide-ide pokok suatu bacaan. jadi gak perlu lama mancari ide dalam suatu bacaan. Membaca cepat akan memperoleh informasi yang singkat dan memperoleh pemahaman isi bacaan yang tinggi.


 

Tujuan membaca cepat adalah  untuk mempersingkat penggunaan waktu dalam membaca. untuk menambah pengetahuan maka kita harus rajin-rajin membaca.  tanpa membaca maka kita akan  ketinggalan informasi, sebab dengan kita membaca kita akan banyak mendapatkan informasi. Dalam membaca cepat ada 2 teknik yaitu:

1. Teknik Skimming

    Teknik Skimming merupakan teknik membaca untuk mencari gagasan pokok dalam suatu bacaan. Dalam skimming hal-hal yang bisa dilakukan yaitu: mengenal suatu topik bacaan, memperoleh bagian penting dari suatu bacaan tanpa membaca semua.

2. Teknik Skanning

        Teknik Skanning merupakan teknik membaca memahami informasi suatu bacaan.  

Hambatan dalam membaca cepat yaitu: menggerakkan bibir, vokalisasi, menggerakan kepala dari kanan kekiri mengikuti tulisan yang dibaca, dan membaca ulang yang sudah dibaca. Adapun ukuran kecepatan dalam membaca yaitu  ukuran kecepatan membaca bermacam-macam yaitu:

- Ukuran kecepatan membaca untuk siswa dan siswi SD minimal kecepatanya adalah  200 KPM.

- Ukuran kecepatn membaca untuk siswa dan siswi SMP minimal kecepatanya adalah 240 KPM

- Ukuran kecepatn membaca untuk siswa dan siswi SMA minimal kecepatanya adalah 250 KPM

- Ukuran kecepatan membaca untuk mahasiswa minimal kecepatanya adalah 325 PKM

Rumus kecepatan membaca yaitu: KPM =  Q/t X 60

Ket:

KPM = Kecepatan per menit

Q       =  Jumlah kata yang dibaca

t        = Waktu dalam detik

60     = Satuan detik dalam satu menit

Jadi kecepatan membaca berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainya, jika seseorang sering membaca tentu akan lebih cepat dalam membaca, lain dengan yang tidak biasa membaca maka akan susah membaca dengan cepat. Seorang yang mempunya tingkat kemampuan membaca yang lebih tinggi akan lebih mudah memperoleh ilmu pengetahuan. Demikian pengertian membaca cepat semoga bermanfaat, tinggalkan kritik dan saran dikolom komen. Saya ucapkan terima kasih.