SOSIOLINGUISTIK (ALIH KODE DAN CAMPUR KODE)

SOSIOLINGUISTIK (ALIH KODE DAN CAMPUR KODE)

Sosiolinguistik (Alih kode dan Campur kode), sosiolinguistik adalah ilmu yang mempelajari penggunaan bahasa secara tepat pada situasi yang berbeda-beda. sedangkan bahasa adalah  sarana komunikasi yang digunakan untuk berintraksi.  Bahasa dalam masyarakat sangatlah banyak. karena dalma masyarakat banyak orang yang berasal dari suku-suku yang berbeda. sehingga dalam masyarkat berintraksi menggunakan  banyak bahasa. dalam berintraksi manusia menggunakan bahasa dalam berkomunikasi dengan orang lain. bahasa bagi manusia merupakan alat komunikasi yang paling baik digunakan. adanya bahasa manusia mudah dalam berintraksi dengan orang lain.  

Keragaman suatu bahasa pada masyarakat terjadi karena adanya masyarakat bilingualisme. Bilingualisme adalah seseorang yang mampu menggunakan dua bahasa, itulah yang menyebabkan terjadinya alih kode dan campur kode. Banyaknya bahasa yang ada sehingga seseorang ada yang menguasai dua bahasa bahkan lebih dari dua bahasa. tetapi juga ada yang hanya menguasai satu bahasa. Bahasa pertama adalah bahasa ibu, bahasa kedua adalah bahasa lain yang didapat dari lingkungan.

Manusia membutuhkan suatu proses dalam komunikasi dengan masyarakat  yang menyebabkan penutur memakai dua bahasa. Sedangkan  alih kode dan campur kode merupakan suatu peristiwa yang terjadi ditempat-tempat yang ada pertemuan orang-orang dari daerah yang bahasanya berbeda. Komunikasi yang dilakukan secara bergantiana menjadi sebab adanya alih kode dan campur kode. berikut pengertian alih kode dan campur kode, yaitu:

                                                         


        1. Pengertian Alih Kode

            Alih Kode adalah peralihan pemakaian bahasa  karena perubahan situasi. misalnya percakapan yang terjadi didalam kelas sebelum guru masuk kelas murit menggunakan bahasa daerahnya tiba-tiba guru masuk kelas maka muritnya menggunakan bahasa Indonesia, jadi dari bahasa daerah beralih ke bahasa Indonesia. peralihan bahasa itu diisebut alih kode.

        2. Pengertian Campur Kode

            Campur kode adalah  penutur menyelipkan unsur-unsur bahasa lain ketika sedang memakai       bahasa tertentu. misalnya percakapan siswa yang sedang bertanya dengan teman sebangkunya, saya gak mudeng dengan penjelasn yang ibu guru sampaikan tadi.   penggunaan bahasa Indonesia dengan menyelipkan bahasa jawa. 

           Pennyebab alih kode dan campur kode yaitu yang pertama penyebab terjadinya alih kode adalah penutur, lawan tutur, hadirnya penutur ketiga, perubahan situasi, dan topik pembicaraan. kedua penyebab terjadinya campur kode yaitu sikap dan kebahasaan. Masih banyak orang yang masih bingung tentang alih kode dan campur kode. supaya kita bisa membedakan antara alih kode dan campur kode, kita harus membaca terlebih dahulu pengertian alih kode dan campur kode. Itulah tentang alih kode dan campur kode. Semoga bermanfaat. Kritik dan saran silahkan dikolom komentar.