MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN

MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN

Surat lamaran pekerjaan adalah surat permohonan pekerjaan yang ditujukan kepada lembaga resmi. biasanya surat lamaran pekerjaan mempunya bagian-bagian: identitas diri, jasa yang dapat diberikan, pendidikan, keahlian dan pengalaman. Keahlian yang dimaksud adalah keahlian yang dipunyai oleh pelamar pekerjaan tentunya harus sesuai dengan pendidikan pelamar. Sedangkan pengalaman yang pernah dilakukan pelamar selama ini. Supaya  yang membaca surat lamaran pekerjaan yang diajukan mengetahui identitas diri, jasa yang dapat diberikan oleh pelamar pekerjaan, pendidikan yang harus sesuai dengan lowongan pekerjaan yang dibutuhkan, serta bisa mengetahui keahlian dan pengalaman seseorang pelamar pekerjaan.

Surat Lamaran Pekerjaan


Pada surat lamaran pekerjaan harus memperhatikan hal penting dalam sebuah surat lamaran pekerjaan yaitu bahasa yang digunakan harus formal. Jadi bahasa pada surat lamaran pekerjaan tidak boleh semau kita harus menggunakan bahasa resmi karena ditujukan pada lembaga resmi. Jadi seorang pelamar pekerjaan harus menggunakan tata bahasa yang baik tentunya harus sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia.Surat lamaran pekerjaan tidak ditujukan kepada temen dan perorangan. 

Tujuan dari surat lamaran pekerjaan yaitu permohonan mengirimkan surat lamaran pekerjaan sesuai dengan lowongan yang tersedia. Pada surat lamaran pekerjaan seorang pelamar pekerjaan memperkenalkan diri seorang pelamar perjaan dengan benar. Dari itu seorang atasan dapat menilai apakah pelamar bisa diterima untuk bekerja apa tidak. Seorang pelamar juga harus melampirkan bagian-bagian dari surat lamaran pekerjaan  untuk meyakinkan atasan bahwa yang kita tulis itu benar jadi bahan buktinya seorang pelamar pekerjaan harus melampirkan curriculum vitae, surat lamaran pekerjaan,foto kopi ijazah, pas foto, sertifikat - sertifikat yang dimiliki pelamar pekerjaan. 

Pada surat lamaran pekerjaan ada unsur-unsur penting yaitu: tempat dan tanggal surat, alamat yang dituju, salam pembuka, pembuka surat, isi surat, lampiran, penutup surat, tanda tangan dan nama. Itulah uraian tentang surat lamaran pekerjaan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman UNUHA tentang surat lamaran pekerjaan.