JENIS-JENIS PARAGRAF BAHASA INDONESIA

JENIS-JENIS PARAGRAF BAHASA INDONESIA

Paragraf adalah kalimat yang saling berhubungan yang dipakai untuk mengembangkan sebuah gagasan atau alinea yang berbentuk serangkaian kalimat yang saling berkaitan satu sama yang lain. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk untuk menuangkan sebuah gagasan dalam sebuah tulisan ataupun sebuah karangan. Setiap paragraf harus ada kalimat utama, kalimat penjelas, dan kalimat penegas. Kalimat utama adalah  inti dari sebuah permasalahan, sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat yang menjelaskan uraian dari kalimat utama, dan kalimatpenegas adalah kalimat terakhir yang Jadi paragraf yang baik minimal ada empat kalimat dan harus memuat kalimat utama, dua kalimat penjelas, dan kalimat penegas.Menuangkan sebuah gagasan harus memperhatikan pola penalaran, pengelompokan paragraf pada penempatan gagasan utama. Berdasarkan letak gagasan utama paragraf dapat dibedakan menadi lima yaitu:      

  1. Paragraf Deduktif merupakan paragraf yang ide pokoknya terletak di awal paragraph dan diikuti oleh kalimat penjelas.
  2. Paragraf Induktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya terdapat pada bagian akhir.
  3. Paragraf Deduktif-Induktif (Campuran) merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak pada bagian awal dan akhir.
  4. Paragraf Ineratif merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak ditengah-tengah paragraf.
  5. Paragraf Ide Pokoknya Menyebar merupakan paragraf dengan pola semacam tidak memiliki kalimat utama.

Untuk membuat paragraf kalimat topik harus dikembangkan dengan kalimat penjelas. Pengembangkan pada bagian paragraph dilakukan untuk merinci secara cermat. Gagasan utama terkandung pada kalimat topik. Dengan menuliskan kalimat-kalimat penjelas informasi dapat disampaikan secara tertib. Dalam membuat sebuah paragraf gagasan utama yang diisikan pada kalimat topik dapat diletakkan pada awal, akhir, awal-akhir, tengah.


Pengembangan kalimat topik dengan kalimat-kalimat penjelas dapat membentuk struktur paragraf. Tingkat keeratan pada hubungan antara kalimat pengembang dan kalimat topik berbeda, pada kalimat pengembang yang langsung menjelaskan kalimat topik. Ada pula kalimat pengembang tidak yang tidak secara langsung menjelaskan kalimat topiknya. Itulah penjelasan tentang jenis-jenis paragraf semoga bermanfaat bagi sahabat UNUHA.