Menemukan Unsur-unsur Buku Nonfiksi

Menemukan Unsur-unsur Buku Nonfiksi

Buku nonfiksi adalah sebuah buku yang berisi fakta-fakta yang sebenarnya atau nyata. buku nonfiksi berasal dari sumber sebuah fakta yang ada. informasi yang disamapaikan oleh seorang penulis pada buku nonfiksi sesuai dengan fakta yang ada, sehingga kebenarnya dapat dipertanggung jawabkan.

Apabila isi buku nonfisi isinya tidak berdasarkan fakta yang ada aka itu buku nonfiksi tetapi buku fiksi. jadi buku nonfiksi dan fiksi memiliki perbedaan unsur-unsurnya. perbedaan  unsur-unsur buku nonfiksi dan buku fiksi yaitu:

Unsur-Unsur Buku Nonfiksi sebagai berikut:
1. Sistematika penulisan pada buku
2.. Sampul pada buku
3. judul buku
4. Bab pada Sebuah buku
5. Isi pada buku
6. Penyajian isi pada buku
7. Bahasa yang digunakan

Unsur-Unsur Buku Nonfiksi sebagai berikut:
1. Sampul pada buku
2. Penyajian alur sebuah cerita
3. Judul
4. Tema 
5. Tokoh dan Penokohan
 



Buku nonfiksi dapat menambah wawasan bagi pembaca sehingga pembaca akan memperoleh informasi yang luas. bahasa pada buku nonfiksi baku, karena pada buku noniksi membahas tentang sejarah, biografi dan kamus yang harus menggunakan kata-kata yang baku, selain itu supaya yang membaca mudah memahai karaena menggunakan bahasa baku.

Bahasa baku bahasa yang menjadi pokok bahasa yang dijadikan acuan yang digunakan dalam sehari-hari pada masyarakat. selain itu pada penulisan buku nonfiksi harus meperhatikan usur-unsurnya supaya sesuai dengan aturan penulisan buku nonfiksi. sehingga tidak menyipang dari aturan penulisan buku nonfiksi.    
 
Demikian yang dapat saya sampaikan dari unsur-unsur buku nonfiksi. Semoga bermanfat bagi sahabat-sahabat UNUHA.