Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Sejak Dini

Petingnya pendidikan karakter sejak dini untuk anak agar anak mampu membentuk mental dan karakter yang lebih matang tentunya hal ini perlu peranan dari semua pihak mulai dari orang tua adalah peran yang paling utama, dan tidak lupa peran dari kerabat teman bahkan lingkungan juga memiliki peran untuk membentuk karakter seseorang.

Jika orang tua salah dalam mendidik karakter anak, maka akan terjadi hal-hal yang mungkin merugikan anak tersebut bahkan kedua orang tuanya. pendidikan karakter perlu diterapkan agar anak lebih tau mana yang baik dilakukan dan tidak boleh dilakukan, saya ambil contoh saja misalkan anak bertemu orang lebih tua nada bicara harusnya lebih sopan dan menghargai orang yang lebih tua darinya itu salah satu contoh saja yang saya ambil secara umum yang sering terjadi di dunia nyata banyak anak yang kurang sopan terhadap orang yang lebih tua darinya dari segi bahasa dan nada bicaranya.



Hal-hal yang perlu orang tua ketahui dalam membentuk karakter anak silahkan simak dibawah ini :

1. Besar Kepala
Perlu diketahui oleh orang tua melalui sifatnya, salah satunya adalah memiliki sifat besar kepala yang artinya adalah anak yang sombong dan angkuh merasa dirinya paling hebat dibandingkan anak lainnya.
disini perlu peran orang tua untuk mendidik anak agar tidak sering besar kepala salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara pendekatan memberi masukan bahwa menjadi orang yang sombong dan besar kepala itu tidak baik untuk diri sendiri.

2. Angkuh
Banyak pelajaran yang bisa diambil dari pendidikan karakter. nah parent harus au nie ada juga anak yang memiliki sifat angkuh dan menang sendiri.jaman sekarang anak banyak cenderung angkuh dikarenakan anak tersebut kurang pendidikan paling dasar dari orang tua.

cara mengatasi anak yang angkuh adalah dengan cara mendidik anak secara halus terlebih dahulu diberi pengertian bahwa memiliki sifat angkuh adalah sifat buruk dan tidak untuk di pelihara, dengan diberi masukan dan pengertian secara perlahan tentu anak akan berubah dan tidak memiliki sifat yang angkuh.

Pendidikan Karakter dan Kecerdasan Anak
Anak paling suka meniru dari orang lain tetunya orang lain disekitarnya seperti orang tua, teman, saudara, kakak paman dan dari lingkungan juga.perlu diketahui pendidikan karakter dan kecerdasan anak memiliki beberapa kategori seperti dibawah ini:
  • Kecerdasan linguistik
  • Kecerdasan Logika-Matematik
  • Kecerdasan Visual Spasial
  • Kecerdasan Kinestetik
  • Kecerdasan Interpersonal
  • Kecerdasan Intrapersonal
  • Kecerdasan Naturalis
  • Kecerdasan Musikal
Demikian yang bisa saya share dan bagikan semoga bisa bermanfaat bagi sahabat unuha dimanapun berada, jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan pada kolom komentar terima kasih sudah berkunjung^_^.