Menelaah Struktur Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

Menelaah Struktur Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

Menelaah Struktur Kebahasaan teks laporan percobaan adalah teks yang memaparkan laporan hasil percobaan yang kebenarnya dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan. dalam teks laporan percobaan harus ada judul, pendahuluan, rumusan masalah, tujuan, landasan teori, metode, hasil dan pembahasan, simpulan, dan daftar pustaka. untuk penjelasnya adalah sebagai berikut.




  1. Judul adalah pintu dari sebuah teks laporan percobaan. judul yang menentukan isi dalam percobaan untuk melakukan penelitian. 
  2. Pendahuluan adalah memaparkan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan dalam teks laporan percobaan . dalam latar belakang memaparkan suatu hal dalam sebuah percobaan. rumusan masalah merupakan sebuah pertanyan dari masalah-masalah yang ada. sedangkan tujuan adalah menunjukan suatu hasil yang diperoleh dari penelitian yang ada. 
  3.  Landasan teori adalah penjelaskan teori-teori yang ada kaitanya dengan judul yang kita buat untuk sebuah penelitian.
  4. Metode penelitian cara untuk mendapatkan sebuah data untuk mendapatkan sebuah kegunaan tertentu.
  5. Hasil dan Pembahasan merupakan menjelaskan atau memaparkan sebuah hasil percobaan dari apa yang kita teliti.
  6. Simpulan adalah ringkasan dalam menjawab pertanyaan dalam sebuah rumusan masalah yang ada.
  7. Daftar Pustaka adalah memaparkan sebuah rujukan yang dikutip pada landasan teori.

Tujuan laporan teks percobaan untuk mendapatkan informasi mengenai proses percobaan yang pada penelitian. Dalam teks laporan percobaan harus ada judul, pendahuluan, landasan teori, metode penelitian, hasil dan pembahasan, simpulan, dan daftar pustaka semua itu harus ada dan berurutan supaya teks laporan percobaan kita sesuai dengan prosedur penulisan teks laporan percobaan.

Apabila teks laporan percobaan tidak menerapkan judul dan lain sebagainya maka teks laporan percobaan terssebut tidak sesuai dengan 7 hal yang ada diatas. demikian penjelasan dari saya tentang menelaah struktur kebahasaan teks laporan percobaan. semoga bermanfaat bagi teman-teman UNUHA