Mengenal Ciri-ciri Surat Pribadi dan Surat Dinas

Mengenal Ciri-ciri Surat Pribadi dan Surat Dinas

     Surat adalah sarana informasi tertulis yang dilakukan untuk menyampaikan pesan tertulis.  Kemampuan untuk menulis sebuah surat sangat diperlukan bagi semua orang. Melalui sebuah surat seseorang akan belajar mengungkapkan pikiran dan prasaan melalui bahasa tulis. dalam menulis surat pribadi sebenarnya lebih sulit karena perlu memperhatikan hal-hal diluar aturan kebahasaan. surat pribadi adalah sebuah bentuk komunikasi tulis yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain untuk urusan pribadi. 

Dalam surat pribadi ada hal yang perlu diperhatikan yaitu etika sopan satun, khususnya apabila menulis surat kepada orang yang lebih dewasa. berikut ciri-ciri surat pribadi yaitu:

  1. Tidak menggunakan nomor surat
  2. Salam pembuka dan penutup bersifat santai
  3. Tidak menggunakan kop surat
  4. Menggunakan bahasa yang bebas


Sedangkan surat dinas adalah suarat yang ditulis dalam situasi yang formal. Isi dalam surat dinas bersifat resmi. dalam menulis surat dinas ada hal-hal yang harus diperhatikan yaitu penggunaan suatu bahasa. berikut ciri-ciri surat dinas adalah sebagai berikut.

  1. Ada nomor surat dan lampiran
  2. Menggunakan bahasa yang resmi
  3. Ada kop surat dan juga nama suatu lembaga
  4. ada setempel dalam surat
  5. Ada salam pembuka dan salam penutup.
Surat dinas hanya ditulis oleh sebuah instansi . apabila ditulis untuk kepentingan pribadi tidak diperbolehkan. karena pada surat dinas ada kapala surat dan nomor surat. Isi surat dinas berkaitan dengan urusan kedinasan. seperti lamaran pekerjaan, undangan rapat, surat izin tidak masuk kerja, dan lain sebagainya. 

Demikian penjelasan tentang mengenal ciri-ciri surat pribadi dan surat dinas. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman UNUHA.