Sejarah Pendidikan di Indonesia pada Era Penjajahan Jepang

Sejarah Pendidikan di Indonesia pada Era Penjajahan Jepang

Sejarah Pendidikan di Indonesia pada Era Penjajahan Jepang.  Negara Indonesia adalah negara yang disebut-sebut sebagai atlantis yang hilang. Indonesia memiliki semua yang dibutuhkan dibandingkan dengan negara lain, seperti memiliki tanah yang subur dan sumber daya alam yang melimpah, contohnya emas, minyak bumi, dan batu bara.

Indonesia juga terkenal akan kaya rempah-rempah, hal ini yang menyebabkan banyak negara ingin meng-eksploitasi demi keuntungan semata. terbukti dari negara Indonesia paling banyak dijajah. mulai dari negara Belanda, Portugis, Jepang, Inggris dan lain sebagainya.




Tahun 1942 adalah tahun dimana negara Jepang secara resmi menguasai negara Indonesia, setelah belanda menyerah terhadap jepang. Pendidikan pada saat penjajahan jepang menguasai semua sekolah yang ada dinegara Indonesia ditutup.Kemudian dibuka setelah ada sistem baru dan berbeda dari sistem pendidikan belanda.  Jepang melakukan hal ini untuk strategi menarik simpati rakyat Indonesia.     

Sistem Pendidikan Dinegara Indonesia pada Saat Penjajahan Jepang yaitu:
  • Pendidikan Dasar (Gokumin Gakko)
  • Pendidikan Lanjutan (Shoto Chu Gakko)
  • Pendidikan Menengah (Chu Gakko)
  • Pendidikan Kejuruan (Kogyo Gakko)
  • Pendidikan Tinggi
Sistem pendidikan pada zaman penjajahan jepang dibagi menjadi lima seperti yang saya sebutkan diatas. untuk uraian atau penjelasan masing-masing dari sistem pendidikan silahkan simak dibawah ini:
 
  • Pendidikan Dasar (Gokumin Gakko)
Pendidikan dasar (Gokumin gakko) adalah sekolah rakyat atau kalau zaman sekarang adalah untuk tingkatan sekolah dasar,  sebagai tempat untuk pembelajaran pendidikan dasar. Sekolah dasar dilakukan selama 6 tahun dan sekolah ini diperuntukkan bagi semua rakyat Indonesia tanpa adanya perbedaan status. 

  • Pendidikan Lanjutan (Shoto Chu Gakko)
Shoto Chu gakko atau pendidikan lanjut kalau sekarang adalah  SMP (Sekolah Menengah Pertama) pada masa negara Indonesia dijajah oleh jepang dilakukan selama 3 tahun.

  • Pendidikan Menengah (Chu Gakko)
Sekolah Menengah Atas (SMA) atau chu gakko ini dilakukan 3 tahun. pendidikan ini memberikan materi pembelajaran lebih tinggi dari pendidikan SMP.

  • Pendidikan Kejuruan (Kogyo Gakko)
Kogyo gakko atau Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan lanjutan dimana pembelajarannya lebih spesifik dan terperinci. pendidikan kejuruan ini lebih mengutamakan keahlian seorang sisiwa jadi lebih keminat dan bakat seorang siswa..

  • Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi  pada masa penjajahan Jepang tidak diberlakukan, tapi jenjang tersebut diganti dengan pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi yang dibuka oleh pemerintah Jepang adalah Sekolah Tinggi Kedokteran dan Sekolah Tinggi Teknik Bandung.

Demikian penjelasan tentang sejarah pendidikan di Indonesia pada era penjajahan jepang, semoga bermanfaat bagi teman-teman UNUHA. Jika ada tambahan ataupun pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.