Membaca dengan Menggunakan Metode SQ3R

Membaca dengan Menggunakan Metode SQ3R

     Membaca dengan menggunakan metode SQ3R merupakan membaca dengan menggunakan lima langkah-langkah. langgkah-langkah tersebut yaitu yang pertama menggunakan survey, question, read, recall, dan review. dengan menggunakan metode SQ3R maka kita akan mudah dalam memahami isi apa yang kita baca. ada orang bertanya mengapa kita harus menerapkan metode SQ3R yang ribet, kan ada cara mudah, kita tinggal baca saja sudah gak harus menggunakan metode SQ3R. pikiran yang tinggal baca itu mudah tapi itu harus kita tinggalkan. kita harus menerapkan membaca dengan metode SQ3R kalau dianalisis itu lebih mudah dalam memahami suatu bacaan.    


Suatu cara dalam membaca buku yang praktis adalah dengan cara menggunakan metode SQ3R.  Penjelasan langkah-langkah membaca menggunakan metode SQ3R yaitu:

a. Survey merupakan mengidentifikasi seluruh teks bacaan. Hal yang dapat dilakukan dalam mengenal susunan dari sebuah isi bacaan sebagai berikut:
  • Mendapatkan abstrak
  • Mempercepat nengkap maksud dari yang dibaca
  • Mengetahui sebuah ide pokok
  • Memudahkan dalam mengingat lebih banyak apa yang dia pahami dari bacaan yang telah dibaca.
b. Question merupakan seorang pembaca mengajukan pertanyaan dari isi yang telah dibaca. dengan menggunakan metode ini kita sebagai pebaca akan mudah dalam membuat pertanyaan-prtanyaan.
c. Read merupakan membaca sebuah teks secara cermat guna untuk memperoleh jawaban dari sebuah pertanyaan.
d. Recite merupakan seoarang pembaca berhenti senjenak untuk mencoba menjawab dari pertanyaan-pertanyaa yang ada.
e. Review merupakan seorang pembaca mengulang kembali judul-judul yang sudah dibaca, digunakan untuk meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang tersusun pada langkah read dan recite. 

Penjelasan langkah-langkah diatas tentang membaca dengan menggunakan metode SQ3R. Semoga bermanfaat bagi teman-teman UNUHA.