Bilingualisme

Bilingualisme

UNUHA.com - Bilingualisme adalah penggunaan dua kode atau dua bahasa yang digunakan. Bilingualisme merupakan penggunaan dua bahasa atau lebih yang digunakan oleh penutur dalam pergaulan dengan masyarakat. Untuk dapat menggunakan dua bahasa seseorang harus menguasai dua bahasa tersebut baru bisa menggunakan dua bahasa.




Selain bilingualisme juga digunakan istilah multibilingualisme merupakan keadaan yang digunakan lebih dari dua bahasa oleh seseorang dalam pergaulanya dengan orang lain. Kemampuan penutur dalam menggunakan bahasa dua bilingualisme sebagai berikut.

  1. Bilingualisme majemuk merupakan bilingualisme yang terjadi pada seorang penutur dengan proses pada sseseorang bilingual yang bersifat  kacau yang menggunakan bahasa yang tidak sama.
  2. Bilingualisme setara merupakan penutur memiliki penguasaan bahasa secara relatif.
Fenoma bilingualisme merupakan pemilihan bahasa antara dua bahasa atau lebih dari satu bahasa. Adanya kedwibahasaan atau bilingualisme kareana ada pengaruh dari beberapa faktor yaitu keluarga, masyarakat, dan kemajuan teknologi yang sdemakin pesat. 

Bilingualisme atau kedwibahasaan seseorang dapat menngunakan dua bahasa sekaligus. itulah yang dapat saya samapaikan tentang bilingualisme semoga bermanfaat.