Panduan Lengkap Membuat Novel

Panduan Lengkap Membuat Novel

 UNUHA.COM-Assalamualaikum wr wb sahabat unuha bagaimana kabarnya semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. malam ini saya akan membagikan sebuah ilmu tentang cara membuat novel dengan baik. tentunya ada beberapa faktor yang perlu sahabat unuha ketahui sebelum membuat novel menjadi lebih baik dan menarik, pada intinya setiap orang memiliki gaya bahasa masing-masing  tidak terpaku pada sebuah panduan formal.

APA ITU NOVEL ?

Pasti anda sering membaca novel tentunya, pasti tau apa itu novel ? mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui apa itu novel, bahkan anak muda jika ditanya apa itu novel jawabannya pasti 50% tidak tau.anak jaman sekarang hanya suka membaca tanpa tau apa arti novel itu sendiri, baiklah akan saya jelaskan apa itu novel.Novel adalah jenis karya fiksi yang memiliki narasi panjang dan menceritakan kisah yang berlatar belakangkan sebuah konflik yang akan diselesaikan pada akhir cerita. Novel seringkali menggambarkan karakter, kehidupan, dan sosial, politik, dan budaya masa lalu atau saat ini. Karakter-karakter dalam novel biasanya mengalami perkembangan dan pembelajaran selama proses cerita.

panduan lengkap membuat novel


JENIS-JENIS NOVEL

Perlu sahabat unuha ketahui bahwa novel memiliki jenisnya atau kategori novel itu sendiri,ada yang belum tau mungin tentang jenis-jenis novel itu sendiri. jenis-jenis novel dibagi menjadi lima yaitu Novel Realistik, Novel Fantasi, Novel Sastra, Novel Sejarah, Novel Misteri. untuk penjelasannya dibawah ini:

  • Novel Realistik - Novel realistik menggambarkan kehidupan nyata dan menceritakan kisah konflik yang umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Novel Fantasi - Novel fantasi menggambarkan dunia yang tidak nyata dan berlatar belakangkan konflik dan karakter yang belum pernah ada sebelumnya.
  • Novel Sastra - Novel sastra adalah jenis novel yang menekankan aspek budaya, filosofi, dan kehidupan manusia.
  • Novel Sejarah - Novel sejarah berlatar belakangkan sebuah periode sejarah tertentu dan menceritakan kisah konflik yang terjadi di masa itu.
  • Novel Misteri - Novel misteri menceritakan kisah konflik yang harus diselesaikan melalui penyelidikan dan penyel

APA SAJA YANG DIPERLUKAN UNTUK MEMBUAT NOVEL ?

Bagi yang ingin membuat novel tentu harus mempersiapkan semuanya supaya novel yang dibuat nantinya bisa menarik untuk dibaca, apa saja yang diperlukan untuk mulai membuat sebuah novel diantaranya adalah Ide cerita, Plot, Karakter, Dialog, Penyuntingan. Penjelasannya silahkan simak dibawah ini :

  • Ide cerita - Anda harus memiliki ide cerita yang kuat untuk memulai novel. Ini bisa berupa cerita fiksi atau nonfiksi yang menarik.
  • Plot - Buat garis besar plot cerita Anda sehingga Anda tahu bagaimana kisah akan berkembang.
  • Karakter - Buat karakter yang menarik dan menarik untuk menarik pembaca.
  • Dialog - Buat dialog yang kuat untuk membantu mengembangkan kisah Anda.
  • Penyuntingan - Pastikan untuk mengedit dan menyunting novel Anda sebelum mengirimkannya ke penerbit. Ini akan memastikan kualitas novel Anda.
UNSUR-UNSUR NOVEL

Novel memiliki sebuah unsur yang perlu diketahui oleh sahabat unuha, apa saja unsur-unsur tersebut yaitu Tema, Karakter,  Plot, Narasi, Setting, Dialog.untuk lebih jelasnya simak dibawah ini:
  • Tema - Tema adalah ide atau pesan utama yang dibawa oleh sebuah novel.
  • Karakter - Karakter adalah orang, hewan, atau makhluk lain yang muncul di dalam novel.
  • Plot - Plot adalah garis besar cerita yang menggambarkan bagaimana konflik dalam novel diselesaikan.
  • Narasi - Narasi adalah bagaimana kisah novel disampaikan kepada pembaca.
  • Setting - Setting adalah latar belakang tempat, waktu, dan kondisi di mana novel berlangsung.
  • Dialog - Dialog adalah bagaimana karakter saling berbicara satu sama lain di dalam novel.
Setelah sahabat unuha memenuhi semua syarat-syarat dan ketentuan diatas tentu paham apa yang harus dilakukan untuk membuat sebuah karya berupa novel yang menarik dan enak dibaca oleh orang lain. saran untuk sahabat unuha dimanapun berada, sebuah acuan itu boleh digunakan atau tidak tergantung penempatannya, saya beri contoh simpel yaitu setiap orang mengarang tentu gaya bahasa yang digunakan berbeda-beda, pada intinya kembangkan saja skill apapun itu, jangan pernah menyerah terhadap orang yang memandang sebelah mata kepada kita. tunjukan bahwa ini adalah kemampuanmu, zaman sekarang hanya bisa mengomentari dan tidak mempunyai skill sama sekali, ibarat pepatah "tong kosong nyaring bunyinya".

Terima kasih sudah berkunjung di blog unuha, jika ada pertanyaan atau mau menambahkan tentang artikel diatas silahkan tinggalkan pada kolom komentar atau bisa via email yang terdapat pada halaman kontak, saya akhiri wassalamualaikum wr wb.