Kedudukan Bahasa Indonesia

Kedudukan Bahasa Indonesia

UNUHA.COM- Kedudukan bahasa Indonesia  kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak lahirnya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Kedudukan bahwa bahasa melayu yang mendasari bahasa Indonesia. Sumpah Pemuda adalah bentuk dari kesadaran dan solidaritas generasi muda Indonesia dalam membela kemerdekaan dan menjamin persatuan dan kesatuan bangsa. Pertepatan Sumpah Pemuda dengan nilai-nilai Pancasila adalah bahwa Sumpah Pemuda mengandung nilai-nilai persatuan, kesatuan, dan keberagaman, yang merupakan nilai-nilai dasarnya Pancasila. Selain itu, Sumpah Pemuda juga menekankan pada kesetiaan dan kejujuran, yang merupakan salah satu dari lima sila Pancasila.

ASAL MULA BAHASA INDONESIA

Asal Mula Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu Kuno yang dibawa oleh penjajah dan pedagang-pedagang dari India dan Cina di masa klasik. Bahasa Melayu Kuno ini telah mengalami proses evaluasi dan berkembang menjadi bahasa yang lebih modern. Bahasa tersebut menjadi dasar dari bahasa Indonesia yang kita kenal saat ini. Bahasa Indonesia diperkenalkan oleh Soekarno pada tahun 1945 sebagai bahasa resmi di Indonesia. ada beberapa faktor bahasa melayu dijadikan sebagai bahasa Indonesia yaitu:

  1. Bahasa melayu merupakan lingua franca yaitu digunakan untuk perhubungan atau perdagangan
  2. Sistem bahasa melayu sederhana, mudah dimengerti karena dalam bahasa melayu tidak ada tingkatan
  3. Suku jawa, suku sunda, dan suku-suku lainya menerima bahasa melayu dijadikan bahasa Indonesia
  4. Bahasa melayu digunakan sebagai bahasa kebudayaan
Empat faktor diatas alasan mengapa bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu. Seiring dengan perkembangan sejarah, bahasa Melayu mengalami beberapa transformasi dan penyesuaian untuk menyesuaikan dengan masyarakat dan budaya yang berbeda di Nusantara. Pada abad ke-16 bahasa Melayu mulai muncul di wilayah laut Indonesia. Ini disebabkan oleh peningkatan keterlibatan kerajaan-kerajaan di Nusantara.



APA FUNGSI BAHASA INDONESIA?

Bahasa Indonesia memiliki fungsi utama sebagai bahasa pengantar yang digunakan oleh berbagai suku, agama, dan budaya di Indonesia. Bahasa Indonesia juga memungkinkan orang-orang untuk berbagi ide dan informasi dengan cara yang mudah dipahami, dan sebagai menyampai pesan secara efektif kepada masyarakat. Selain itu, bahasa Indonesia juga dapat digunakan untuk berkomunikasi. 

Dalam melaksanakan fungsinya bahasa Indonesia dapat memiliki identitas apabila masyarakat pemakainya mengembangkan bahasa Indonesia sedemikian rupa sehingga tidak tergantung pada unsur - bahasa lain. selain itu bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat pemersatu dari berbagai suku yang ada dinegara Indonesia dengan latar belakang sosial budaya yang berbeda-beda kedalam satu kesatuan kebangsaan. Dalam fungsi tersebut bahasa Indonesia dari berbagai suku bangsa dapat mencapai keserasian hidup sebagai bangsa yang bersatu.

FUNGSI BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA NASIONAL

Bahasa Indonesia memiliki fungsi utama sebagai bahasa nasional yang menjadi identitas nasional di Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan oleh semua kelompok yang ada di Indonesia untuk berinteraksi dan berbagi informasi. Selain itu, bahasa Indonesia juga berfungsi untuk meningkatkan komunikasi dan pemahaman antarkelompok serta menghilangkan hambatan-hambatan diantara berbagai budaya yang ada di Indonesia.

FUNGSI BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA NEGARA

Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara karena Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai bahasa negara yang menjadi simbol nasionalisme dan persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia berfungsi sebagai sarana komunikasi yang menghubungkan antarwarga negara dan antarkelompok yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia juga digunakan untuk menyampaikan pesan. Bahasa Indonesia juga digunakan dalam kurikulum pendidikan. 

MANFAAT  BAHASA INDONESIA

Manfaat dari Bahasa Indonesia yaitu untuk meningkatkan komunikasi antarkelompok serta melindungi hak-hak asasi manusia. selain sebagai bahasa pendidikan dan ilmu pengetahuan. Bahasa Indonesia juga membantu dalam pengembangan produk dan layanan di bidang teknologi informasi.

KEGUNAAN BAHASA INDONESIA

Kegunaan Bahasa Indonesia ialah untuk meningkatkan komunikasi antarkelompok yang mendorong partisipasi politik, mempromosikan kesetaraan, dan melindungi hak-hak asasi manusia. Bahasa Indonesia juga berguna dalam pendidikan, sebagai sarana komunikasi sosial dan budaya, sebagai bahasa ilmu pengetahuan, serta sebagai sarana menyampaikan pesan dan pendidikan. Dalam menyampaikan materi guru juga menggunakan bahasa Indonesia dalam kelas pada saat pembelajaran.

KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA

Kedudukan Bahasa Indonesia di Indonesia adalah sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi. Dengan demikian, bahasa Indonesia menjadi wadah untuk menghubungkan masyarakat dari berbagai ragam dan sebagai penyampai pesan . Selain itu, bahasa Indonesia juga membantu kolaborasi antarkelompok, kemitraan internasional, dan demokratisasi politik. Bahasa Indonesia juga terus diperbarui dengan kata-kata dari bahasa daerah di Indonesia. 

Itulah yang dapat saya sampaikan tentang kedudukan bahsa Indonesia semoga bermanfaat bagi sahabat-sahabat UNUHA. Mohon kritik dan saranya, silahkan tulis dikolom komentar.