Sejarah Bangsa Indonesia Wajib Diketahui

Sejarah Bangsa Indonesia Wajib Diketahui

UNUHA.COM- assalamualaikum wr wb selamat pagi untuk sahabat unuha dimanapun berada semoga diberikan kesehatan, karena kesehatan adalah hal utama yang diperlukan manusia. pada kesempatan kali ini ijinkan saya untuk membuat artekel mengenai sejarah bangsa indonesia yang wajib diketahui. mungkin banyak anak-anak muda jaan sekarang yang jarang membaca tentang sejarah bangsa indonesia, silahakan anda bertanya tentang sejarah bangasa indonesia pada anak-anak jaman sekarang pasti kebanyakan tidak akan tau, akan tetapi jika anda bertanya pada  anak-anak tentang game pasti dengan lancar mereka akan menjawabnya.

PENCETUS NAMA INDONESIA

Perlu diketahui nama indonesia itu bukan asal dibuat akan tetapi ada pencetusnya loh, siapa pencetus nama INDONESIA ? Pencetus nama Indonesia adalah James Richardson Logan, seorang Penulis Skotlandia yang menulis buku berjudul "The National History of Java" pada tahun 1815. Ia menggunakan istilah "Indonesia" untuk menggambarkan wilayah Nusantara dan menggambarkan keterkaitan antara wilayah-wilayah tersebut.

Bangsa Indoneisa NKRI


PENDIRI BANGSA INDONESIA

Siapakah pendiri bangsa indonesia ? Pendiri bangsa Indonesia adalah Soekarno, yang memberikan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno adalah salah satu pendiri Partai Nasional Indonesia (PNI) dan menjadi Presiden Pertama Republik Indonesia. Ia adalah tokoh utama dalam perjuangan Indonesia untuk kemerdekaan dan merupakan pencetus Pancasila sebagai dasar filosofi hidup bangsa Indonesia.

BANGSA INDONESIA

Banyak orang  asing yang tidak tau akan bangsa indonesia, kebanyakan mereka cuma mengetahui tentang pulau dewata bali. silahkan anda bertanya kepada stranger via chat online dengan orang luar negeri apakah tau akan bangsa indonesia negara indonesia tentu ada yang tidak tau, jika ada bertanya tentang bali maka mereka akan tau, ini disebabkan karena pulau dewata lebih sering dikunjungi oleh wisatawan asing.Bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai suku, budaya, bahasa dan agama yang berbeda. Bangsa Indonesia terbentuk pada tahun 1945 setelah berhasil merebut kemerdekaan dari Penjajahan Belanda. Bangsa Indonesia terkenal karena budaya ramah dan keramahtamahannya, serta kesetiaan dan keberaniannya dalam menghadapi berbagai tantangan. Bangsa Indonesia terkenal juga dengan kecintaan terhadap lingkungan, serta kesetiaannya terhadap Pancasila sebagai dasar filosofi hidup.

KAPAN BANGSA INDONESIA MERDEKA ?

Bangsa Indonesia telah melalui beberapa kali dijajah secara keselurahan bisa mencapai berabat-abat lamanya. Bangsa Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 setelah berhasil merebut kemerdekaan dari Penjajahan Belanda melalui Proklamasi Kemerdekaan yang dibacakan oleh Soekarno.

Bangsa Indonesia sudah beberapa kali dijajah oleh negara belanda, portugis, Inggris, dan jepang. Dalam hal ini akan saya jabarkan tentang masing-masing negara yang sudah menjajah bangsa Indonesia yaitu sebagai berikut:

ZAMAN PENJAJAHAN BELANDA  

Pada era penjajahan bangsa Indonesia yang paling lama menjajah Indonesia adalah negara Belanda. Negara Belanda telah menjajah Indonesia selama lebih dari 350 tahun. Penjajahan Belanda dimulai sejak tahun 1602 ketika Willem van der Haegen menembaki benteng Portugis di Banten. Penjajahan Belanda berakhir pada tahun 1945 ketika Indonesia berhasil merebut kemerdekaan melalui Proklamasi Kemerdekaan. Bangsa belanda pertama kali datang ke indonesia ada tahun 1602 ketika Willem van der Haegen menyerang benteng Portugis di Banten. Selanjutnya, Belanda menguasai berbagai wilayah di Indonesia dan menjajahnya hingga tahun 1945 ketika Indonesia berhasil merebut kemerdekaan melalui Proklamasi Kemerdekaan. dampak positif dan negatif penjajahan bangsa belanda terhadap bangsa indonesia simak dibawah ini :

  • Dampak negatif dari penjajahan belanda adalah Penjajahan Belanda memperkuat struktur kerajaan di wilayah-wilayah yang dijajahnya, yang menghambat pembaruan teknologi, menghambat pembangunan ekonomi, dan menciptakan ketidaksetaraan sosial yang tak tertandingi. Penjajahan juga menghambat perkembangan budaya dan telah menghancurkan banyak aspek tradisi bangsa Indonesia.
  • Penjajahan Belanda juga memberikan beberapa dampak positif bagi bangsa Indonesia. Belanda membawa budaya Barat ke Indonesia, yang kemudian membantu dalam modernisasi dan pembangunan ekonomi Indonesia. Belanda juga membawa teknologi dan sains Barat ke Indonesia, yang kemudian membantu dalam peningkatan jangkauan dan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. Belanda juga membantu dalam pengembangan infrastruktur Indonesia, seperti jalan, jembatan, dan jaringan kereta api.

ZAMAN PENJAJAHAN BANGSA PORTUGIS

Kapan bangsa portugis masuk ke indonesia ? tentu ada yang belum mengetahuinya, Bangsa Portugis pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1511 ketika Alfonso de Albuquerque menyerang Malaka. Selanjutnya, bangsa Portugis menguasai berbagai wilayah di Indonesia seperti Maluku, Sulawesi, dan Timor. Pada tahun 1602, Belanda mengambil alih Malaka dari Portugis dan mulai menjajah wilayah Indonesia. Bangsa Portugis telah menjajah Indonesia selama sekitar 90 tahun. Penjajahan Portugis dimulai pada tahun 1511 ketika Alfonso de Albuquerque menyerang Malaka. Penjajahan Portugis berakhir pada tahun 1602 ketika Belanda mengambil alih Malaka dari Portugis dan mulai menjajah wilayah Indonesia. dampak negatif dan postif penjajahan bangsa portugis terhadap bangsa indonesia adalah sebagai berikut:

  • Dampak Negatif : Penjajahan Portugis memperkuat struktur kerajaan di wilayah-wilayah yang dijajahnya, yang menghambat pembaruan teknologi, menghambat pembangunan ekonomi, dan menciptakan ketidaksetaraan sosial yang tak tertandingi. Penjajahan juga menghambat perkembangan budaya dan telah menghancurkan banyak aspek tradisi bangsa Indonesia.
  • Dampak Positif : Portugis membawa agama Kristen ke Indonesia, yang kemudian membantu dalam pembaruan dan modernisasi Indonesia. Portugis juga membawa bahasa Portugis ke Indonesia, yang kemudian berkembang menjadi bahasa Melayu. Portugis juga membawa kebudayaan Barat ke Indonesia, yang kemudian membantu dalam pembangunan ekonomi dan peningkatan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

ZAMAN PENJAJAHAN INGGRIS

Pertama kali bansa inggris masuk ke Indonesia pada tahun 1811 ketika Thomas Stamford Raffles menguasai Pulau Java. Selanjutnya, Inggris menguasai berbagai wilayah di Indonesia dan terlibat dalam berbagai konflik. Penjajahan Inggris berakhir pada tahun 1942 ketika Jepang mengambil alih kendali atas Indonesia. bangsa inggris menjajah indoneisa memiliki dampak negatif dan positif untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini :

  • Dampak Negatif : Penjajahan Inggris berdampak negatif bagi bangsa Indonesia. Penjajahan Inggris menghambat pembaruan teknologi, menghambat pembangunan ekonomi, dan menciptakan ketidaksetaraan sosial yang tak tertandingi. Penjajahan juga menghambat perkembangan budaya dan telah menghancurkan banyak aspek tradisi bangsa Indonesia.
  • Dampak Positif : Penjajahan Inggris juga memberikan beberapa dampak positif bagi bangsa Indonesia. Inggris menyebarkan bahasa Inggris di Indonesia, yang sekarang menjadi salah satu bahasa resmi di negara ini. Inggris juga menyebarkan pendidikan tinggi dan meningkatkan kualitas dan jangkauan sistem pendidikan di Indonesia. Inggris juga membantu dalam pengembangan infrastruktur Indonesia, seperti jalan, jembatan, dan jaringan kereta api.

ZAMAN PENJAJAHAN JEPANG

Jepang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1942 ketika Jepang mengambil alih kendali atas Indonesia. Selanjutnya, Jepang menjajah wilayah-wilayah Indonesia hingga tahun 1945 ketika Indonesia berhasil merebut kemerdekaan melalui Proklamasi Kemerdekaan. Bangsa Jepang telah menjajah Indonesia selama sekitar 3 tahun. Penjajahan Jepang dimulai pada tahun 1942 ketika Jepang mengambil alih kendali atas Indonesia. Penjajahan Jepang berakhir pada tahun 1945 ketika Indonesia berhasil merebut kemerdekaan melalui Proklamasi Kemerdekaan.dampak yang ditimbulkan dari penjajah jepang dari segi negatif dan positifnya silahkan simak dibawah ini:

  • Dampak Negatif : Penjajahan Jepang memperkuat struktur kerajaan di wilayah-wilayah yang dijajahnya, yang menghambat pembaruan teknologi, menghambat pembangunan ekonomi, dan menciptakan ketidaksetaraan sosial yang tak tertandingi. Penjajahan juga menghambat perkembangan budaya dan telah menghancurkan banyak aspek tradisi bangsa Indonesia.
  • Dampak Positif : Jepang membawa budaya Jepang ke Indonesia, yang kemudian membantu dalam modernisasi dan pembangunan ekonomi Indonesia. Jepang juga membawa teknologi Jepang ke Indonesia, yang kemudian membantu dalam peningkatan jangkauan dan kualitas layanan kesehatan di Indonesia. Jepang juga membantu dalam pengembangan infrastruktur Indonesia, seperti jalan, jembatan, dan jaringan kereta api.
Diatas adalah artikel tentang sejarah bangsa indonesia yang wajib dan perlu diketahui oleh anak bangsa agar tidak lupa dan menolak lupa akan sejarah bangsa kita sendiri tentunya. jika ada penambahan tentang artikel ini silahkan tinggalkan pada kolom komentar atau kirim masukan via email yang sudah saya sediakan pada halaman kontak, mohon untuk share artikel ini terima kasih wassalamualaikum wr wb.