Sejarah Bahasa Indonesia

Sejarah Bahasa Indonesia

Sejarah bahasa Indonesia, Sebelum kita mengetahui sejarah bahasa Indonesia kita harus tahu apa itu sejarah? sejarah adalah untuk mengetahui asal-usul suatu kejadian masa lampau.adanya sejarah  bisa mengetahui asal-usul kejadian masa lampau. terbentuknya Bahasa Indonesia menjadi bahasa penghubung ada asal - usul yang perlu diketahui. Bahasa Indonesia berasal dari bahsa melayu, bahasa Indonesia digunakan manusia untuk berintraksi dengan orang lain.


 

Penyebab bahasa melayu digunakan menjadi bahasa Indonesia yaitu bahasa melayu mudah dipelajarai dan sederhana, pada bahasa melayu tidak ada tingkatan bahasanya, dan bahasa melayu merupakan bahasa perhubungan.  Bahasa melayu mudah dipelajari karena dalam penggunaan bahasa sama tidak ada tingkatanya, kalau bahasa jawa ada tingkatan dalam penggunaan bahasa.   

Ada bahasa jawa ngoko (kasar), bahasa jawa madya (biasa), dan bahasa jawa krama (halus). Penggunaan bahasa jawa ngoko, madya, dan krama penggunaanya berbeda-beda tergantung lihat lawan berbicaranya. Ada tingkatanya. Misalnya lawan bicaranya usianya lebih tua dari kita maka kita menggunakan bahasa jawa  krama (halus).  Kalau menggunakan bahasa Indonesia kita lebih mudah berintraksi.

Adanya bahasa Indonesia manusia akan mudah berintraksi dengan orang lain walaupun lain suku. Kalau gak ada bahasa Indonesia manusia akan susah berintraksi dengan lain suku, sebab tidak mengerti apa yang dibicarakan jadi waktu berkomunikasi tidak nyambung karena tidak tahu apa maksud dari pembicaraanya. Dengan adanya bahasa Indonesia maka dalam percakapanya menggunakan bahasa Indonesia dalam percakaan walaupun lain suku. 

Bahasa Indonesia disebarkan melalui perdagangan, melalui perdagangan dengan mudah untuk menyebarkan bahasa Indonesia. jadi dalam perdagangan percakapanya menggunakan bahasa Indonesia dalm berintraksi. Dengan menggunakan bahasa Indonesia maka manusia akan biasa menggunakan bahasa Indonesia, karena sudah biasa menggunakanya.

Bahasa Indonesia lahir pada 28 Oktober 1928. pada tanggal 28 para pemuda berkumpul,serta berikar yaitu:

  1. Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
  2. Berbangsa yang satu, Bahasa Indonesia
  3. menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

 Terima kasih sudah berkunjung diblog saya, mohon kritik dan saranya. Semoga bermanfaat.