Cara Menulis Karangan Eksposisi

Cara Menulis Karangan Eksposisi


     Menulis karangan eksposisi adalah jenis karangan yang berisi informasi tentang pengetahuan yang disajikan secara singkat dan padat. Karangan eksposisi biasanya disebut sebagai karangan faktual. Karena karangan eksposisi terdapat fakta dan data pendukung sebagai penjelas informasi. tujuan dari karangan eksposisi adalah menjelaskan informasi tertentu untuk menambah wawasan. Adapun struktur karangan eksposisi yaitu: tesis, argumen, dan penegasan ulang. berikut penjelasan dari struktur karangan eksposisi sebagai berikut.

  1. Tesis adalah berisi tentang topik permasalahan yang akan disampaikan oleh penulis.
  2. Argumen adalah berisi tentang pendapat penulis mengenai topik permasalahan.
  3. Penegas Ulang adalah berisi suatu simpulan dari topik yang dibahas.

 
    Membuat karangan eksposisi, penulis harus mengetahui rincian-rincian tentang topik yang dibahas. Urutan rincian dalam menulis karangan eksposisi yaitu permasalahan yang muncul pada topik, analisis sebab akibat, dan analisis perbandingan.Cara menulis karangan narasi adalah menentukan tema, memilih data pendukung yang sesuai dengan tema yang akan dibahas, membuat kerang karangan terlebih dahulu, dan mengembangan sebuah karangan menjadi karangan yang utuh. 
 
    Karangan eksposisi dapat menanbah wawasan kita tentang pengetahuan. selain itu karangan eksposisi disajikan dalam bentuk yang singkat.  Dalam menulis karangan eksposisi harus mengetahui rincian-rincian untuk mempermudah dalam menulis karangan eksposisi. Karena sudah mengetahui rincian-rincian dalam menulis karangan eksposisi. sehingga tidak kebingungan dalam menulis karangan eksposisi sebab sudah menyiapkan terlebih dahulu rincian-rincianya.
 
    Jenis-jenis karangan eksposisi yaitu: eksposisi definisi merupakan tulisan yang fokus pada topik, yang diangkat pada sebuah tulisan, eksposisi proses adalah suatu tulisan yang isinya memaparkan secara jelas, eksposisi klarifikasi adalah memaparkan kategori-kategori, eksposisi ilustrasi adalah gambaran secara khusus dan kongkrit yang sifatnya umum, eksposisi perbandingan adalah penulis menjelaskan ide dalam kalimat utama dengan membandingkan dengan hal-hal lain. 
 
Menulis karangan eksposisi harus mengumpulkan berbagai informasi tentang suatu proses. Kemampuan menulis karangan eksposisi merupakan kemampuan berbahasa bertujuan untuk menyatakan prasaan pada orang lain melalui sebuah tulisan. Bagian   dari menulis karangan eksposisi yaitu berupa gagasan penulis, bagian yang berisi sebuah fakta yang merupakan peristiwa yang dijadikan sebagai fakta dari kenyataan yang ada.
 
    Fungsi menulis karangan eksposisi untuk mengungkapkan suatu gagasan-gagasan pokok mengenai suatu topik dengan dasar sebuah argumen. sedangkan manfaat menulis karangan narasi yaitu untuk menambah ilmu pengetahuan tentang informasi, memberi gambaran pada pembaca mengenai pendapat yang dibuat oleh penulis, menambah keterampilan dalam menulis, sebagai kebiasaan dalam meningkatkan wawasan penulis. 
 
     Adanya menulis karangan eksposisi seorang penulis selain terampil dalam menulis, penulis juga mendapat ilmu pengetahuan tentang suatu peristiwa yang sifatnya fakta. jadi banyak sekali manfaat yang diperoleh dari menulis karangan eksposisi. Demikanlah penjelasan dari menulis karangan eksposisi, semoga bermanfaat. silahkan tuliskan komentar dikolom komen, terima kasih.