PENGERTIAN BAHASA (LINGUISTIK UMUM)

PENGERTIAN BAHASA (LINGUISTIK UMUM)

 

Bahasa adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk berintraksi dengan individu. Bahasa sangat penting untuk kita berinteraksi. Tanpa bahasa kita akan susah berintraksi dengan orang lain, dengan adanya bahasa kita mudah berintrasi dengan orang lain. Mengapa susah berintraksi kalau gak ada bahasa? Tentu jelas susah bagaimana kita akan berbicara kalau gak ada bahasa. Kalau ada bahasa kita akan mudah berintraksi dengan orang lain karena adanya bahasa kita mudah berintraksi dengan keluarga, teman, dan masyarakat sekitar kita.


 

Bahasa adalah sebagai alat untuk berkomunikasi  dengan orang lain. itulah bahasa bagi manusia, bahasa mempunyai peran penting dalam manusia. karena bahasa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, dengan adanya bahasa kita bisa menyampaikan apa yang kita maksud.  bahasa di Indonesia sangatlah banyak, ada bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Madura, bahasa Bali, bahasa Sunda,bahasa Melayu, bahasa Lampung, dan masih banyak bahasa lainya. Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pemersatu. Mengapa digunakan sebagai bahas pemersatu? kerena dengan adanya bahasa Indonesia kita bisa berkomunikasi dengan semua suku. 

Adanya bahasa Indonesia kita bisa berkomunikasi dengan suku Jawa, Bali, Sunda, dan suku yang lainya.kalau gak ada bahasa Indonesia kita akan susah berkomunikasi dengan orang yang lain suku. dengan adanya bahasa Indonesia kita akan mudah berkomunikasi deangan suku lain.Semua bahasa itu digunakan unruk berintrasi dengan orang lain. setiap bahasa pasti memiliki logat masing-masing. Logat yang dimiliki masing-masing bahasa itulah yang menjadi ciri dari setiap bahasa.

Kegunaan bahasa adalah sebagai alat komunikasi, misalnya kita sedang ketemu dengan teman pasti kita berkomunikasi mengunakan bahasa. Kita menanyakan kabar temen, dan dimana rumahnya mengunakan bahasa. dengan adanya bahasa kita bisa menyampaikan apa yang ada didalam pikiran kita. coba kalau gak ada bahasa tentu kita akan susah berintraksi dengan orang lain. Tidak bisa menyampaikan apa yang ada dipikiran  dan maksud yang mau kita sampaikan. dengan adanya bahasa kita akan mudah beritraksi dengan siapa saja, itulah kegunaan bahasa bagi manusia. Jadi bahasa sangatlah penting bagi manusia, dalam kehidupan sehari-hari manusia  berintraksi mengunkan bahasa.

Percakapan sehari-hari manusia menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi. dalam masyarakat tentu banyak macam bahasa yang digunakan tidak hanya satu bahasa tetapi banyak bahasa. sehingga dalam berkomunikasi banyak bahasa yang digunakan, karena seseorang berintraksi dengan banyak oranag maka seseorang bisa menguasai banyak bahasa.misal satu orang menguasai dua bahasa. orang yang menguasai dua bahasa disebut bilingual.  Ada juga orang yang hanya menguasai satu bahasa, seseorang yang menguasai satu bahasa disebut monolingual. Manusia tanpa bahasa tidak akan berlangsung hidup, karena bahasa ada kebutuhan utama bagi manusia untuk berintraksi dengan orang lain.

 Itulah pengertian tentang bahasa semoga bermanfaat.