Menulis Teks Berita

Menulis Teks Berita

Teks berita adalah peristiwa yang terjadi didunia. teks berita biasanya dimuat pada media misalnya koran, majalah, internet, televisi, dan radio.  Sedangkan menulis adalah menyampaikan suatu pendapat melalui bahasa tulis. Jadi Menulis teks berita adalah menyamapaikan informasi tentang suatu kejadian. Dengan menulis teks berita siswa akan belajar mengetahui apa itu sebuah berita?






Dalam mernulis teks berita harus memperhatikan ciri-ciri sebagai berikut.

1. Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung
2. Menggunakan kata kerja mental
3. Menggunakan konjungsi temporal
4. Menggunakan keterangan waktu
5. Menggunakan bahasa baku

Sebelum kita menulis teks berita kita harus memperhatikan ciri-cirinya suapaya dalam menulis berita tidak amburadul.  pada ciri yang pertama itu ada kalimat langsung dan tidak langsung. kalau kalimat langsung itu adalah kalimat yang memberikan informasi apa adanya.  Kalimat langsung ditandai dengan tanada petik.  Sedangkan kalimat tidak langsung adalah kalimat yang  menyampaiakn maksud tidak apa adanya. 

Bagian yang kedua menggunakan kata kerja mental merupakan penjelasan dalam aktifitas berfikir.ciri- ciri diatas yang harus diterapkan dalam menulis sebuah teks berita. itulah yang dapat saya samapaikan tentang menulis teks berita. semoga bermanfaat bagi teman UNUHA.