Pendidikan Karakter pada Generasi Muda

Pendidikan Karakter pada Generasi Muda


UNUHA.COM- Pendidikan karakter pada generasi muda - Pendidikan karakter merupakan pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang supaya menjadi individu yang baik. Generasi muda harusnya memiliki pendidikan karakter supaya generasi muda memiliki moral yang lebih baik.Tentunya, permasalahan ini akan mempengaruhi moral generasi muda, yang digadang-gadang sebagai penentu masa depan bangsa. Oleh sebab itu,  masalah  moral generasi muda  harus segera diatasi dan dicegah sedini mungkin salah satunya dengan pendidikan karakter.






Pendidikan karakter  memiliki pemahaman bahwa karakter yang baik mampu diperoleh  dari pengetahuan tentang kebaikan, keinginan untuk berbuat baik. Dalam menerapkan pendidikan karakter harusk bisa lepas dari peran orangtua, pendidik guru, masyarakat, ingkungan, dan pemerintah, oleh karena itu ada beberapa aspek yaitu:

  • Aspek Pendidikan Orangtua
Pendidikan karakter dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada anak akan nilai-nilai moral yang sesuai dengan budaya bangsa seperti sifat religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, dan cinta tanah air. 
  • Aspek Pendidikan
Hal ini bertujuan agar peserta didik mampu memahami dengan baik apa itu pendidikan karakter. Penerapan pendidikan  mengajak peserta didik untuk ikut serta memahami pendidikan yang baik dan diajak untuk bertindak langsung.
  •  Aspek Regulasi Pemerintah dan Hukum 
Efek jera mengingat semakin banyak kasus nepotisme yang dapat menjadi contoh tidak baik bagi pendidikan dan ikut mempengaruhi moral generasi muda.
Berikut indikator  keberhasilan dalam penerapan pendidikan karakter  yaitu:
  1. Generasi muda mampu memahami kekurangan dan kelebihan dirinya sebagai anugerah dari Tuhan yang wajib disyukuri
  2. Adanya sikap percaya diri 
  3. Menurunnya pelanggaran terhadap aturan sosial yang berlaku di masyarakat 
  4. Generasi muda mampu menunjukkan pemikiran yang logis dan kreatif
  5. Mampu menunjukkan kemandirian sesuai kemampuan yang dimiliki 
  6. Mampu menunjukkan cara komunikasi yang baik dan santun 
  7. Mampu menunjukkan rasa menghargai hak dan kewajiban dalam bergaul di masyarakat 
  8. Mampu menunjukkan sikap menyimak dan keterampilan membaca, menulis dan bicara
  9. Dan yang lebih penting diatas segalanya adalah bagaimana pendidikan generasi muda mampu sejalan dengan cita-cita pendidikan Indonesia 
Itulah yang dapat saya sampaikan tentang pendidikan karakter pada generasi muda. Semoga bermanfaat bagi teman-teman UNUHA.