Struktur Teks Diskusi

Struktur Teks Diskusi

Struktur teks diskusi dibagun oleh tiga unsur utama yaitu: pendahuluan, satu sudut pandang, dan simpulan. penjelasan ketiga unsur tersebut adalah sebagai berikut.




  1. Pendahuluan adalah berisi topik masalah yang akan dibahas.
  2. Satu sudut pandang merupakan memaparkan gagasan utama disertai alasan dan bukti pendukung berdasarkan satu sudut pandang.
  3. Simpulan adalah berisi pembahasan masalah berdasarkan sudut pandang yang berbeda dengan memaparkan penyelesaian masalah.
Teks diskusi merupakan media untuk mencatat hal penting dalam suatu masalah yang ada. tujuan dari teks diskusi merupakan menyajikan data yang ada.  Berkaitan dengan sebuah struktur teks diskusi yang terdiri atas pendahuluan, satu sudut pandang, dan simpulan. Selain itu perlu memperhatikan juga ciri-ciri kebahasaan teks diskusi yaitu:

  1. Keterhubungan kata dan kalimat adalah penyampaian gagasan dalam sebuah teks diskusi yang menggunakan kalimat yang efektif.
  2. Keterhubungan makna merupakan keterhubungan kata dan kalimat menentukan keterhubungan makna sehingga sesorang pembaca dapat dengan mudah memahami pesan yang disampaikan.
  3. Penggunaan kata yang bersifat persuasif merupakan gagasan dalam teks diskusi yang bersifat mempengaruhi pembaca.
  4. Kesantunan berbahasa merupakan penyampaian sebuah gagasan sebaiknya tidak menjatuhkan pihak tertentu. 
Itulah yang dapat saya sampaikan tentang struktur teks diskusi semoga bermanfaat bagi teman-teman UNUHA.